Dosen Universitas Narotama Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen
02 Februari 2021, 11:29:10 Dilihat: 396x
Sengguruh Nilowardono, SE, M.Si.Psi, dosen Program Studi Manajemen (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama Surabaya berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen. Sengguruh Nilowardono telah menjalani sidang terbuka pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jumat 29 Januari 2021.
Disertasi yang ditulis Sengguruh Nilowardono berjudul “Pengaruh Perceived Quality dan Product Innovation terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust dan Brand Love pada Smartphone Android di Surabayaâ€. Tim dosen penguji terdiri 6 (enam) orang yaitu Prof. Dr. J.S. Ami Soewandi (Ketua), Prof. V. Henky Supit, SE, Ak, CA (Promotor), Dr. Christina Esti Susanti, MM, CPM (AP) (Ko-Promotor), Prof. Drs. Ec. Budiman Chr, MA, Ph.D (Anggota), Prof. Dr. H. Teman Koesmono, MM (Anggota), dan Prof. Dr. H. Andi Sularso, MM (Anggota).
Sengguruh menjelaskan bahwa Brand Loyalty merupakan aspek yang sangat krusial ketika sebuah perusahaan memasuki pasar yang penuh persaingan dengan perubahan teknologi serta perubahan selera konsumen yang begitu cepat. Brand yang saat ini sukses tidak menjamin kelangsungan loyalitas konsumen terhadap merek tersebut.
“Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perceived quality dan product innovation terhadap brand loyalty melalui brand trust dan brand love pada smartphone Android di Surabaya,†kata Sengguruh.
Grand theory dalam penelitian Sengguruh adalah teori consumer behavior. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun perusahaan menyediakan produk yang berkualitas dan inovatif tetapi hal ini tidak serta merta membuat konsumen menjadi loyal terhadap brand. Loyalitas adalah hasil interaksi antara konsumen dengan brand, bila kualitas dan inovasi produk tidak memenuhi dan tidak sesuai apa yang diharapkan oleh konsumen, maka konsumen sulit untuk menjadi loyal.
Selain itu, lanjut Sengguruh, dibutuhkan trust atau kepercayaan untuk menjadikan konsumen menjadi loyal. Kepercayaan dapat dicapai bila konsumen merasakan bahwa manfaat yang diperoleh konsumen sesuai dengan yang dijanjikan, dan konsumen merasa brand memiliki niat untuk kebaikan konsumen.
Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM mengaku sangat bahagia atas keberhasilan sidang terbuka dan gelar Doktor Ilmu Manajemen yang telah diraih oleh Sengguruh Nilowardono, SE, M.Si. Rektor berharap dengan teraihnya gelas Doktor ini, Dr. Sengguruh Nilowardono, SE, M.Si dapat semakin ikut memajukan Universitas Narotama, khususnya bidang penelitian dan pengabdian sekaligus mencapai gelar Profesornya.
“Semakin produktif menghasilkan penelitian dan karya ilmiah serta siap untuk mengurus dan mencapai Guru Besar,†harapnya. [UN]
Foto: Dr. Sengguruh Nilowardono, SE, M.Si